Visi Yayasan

YFK didirikan berdasarkan agama Islam, oleh karena itu sekolah-sekolah yang telah dan akan didirikan oleh YFK adalah sekolah umum yang bernafaskan Islam. Sekolah-sekolah YFK menyediakan pendidikan yang setara dengan sekolah negeri, kecuali untuk kelas dan kegiatan yang berhubungan dengan agama akan memfasilitasi agama Islam saja. Namun demikian sekolah-sekolah YFK menerima murid dari segala golongan suku dan agama di Indonesia. Ini karena semua anggota pengurus yayasan percaya bahwa semua anak Indonesia terlahir dengan hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang layak sehingga mereka dapat meraih masa depan yang cerah dan ikut urun upaya dalam memajukan bangsa.
YFK menghormati perbedaan agama yang diakui di Indonesia, dan tidak mengharuskan murid yang non muslim untuk mengikuti kegiatan agama Islam.

PEMBENTUKAN YAYASAN

Firman Allah SWT :

Dan hendaklah ada segolongan orang diantara kamu, yang mengajak kepada yang ma’ruf ( kebaikan ) dan mencegah kepada yang mungkar ( kejahatan ) , dan mereka itulah orang orang yang memperoleh keberuntungan ( kemenangan ) .

Dan apabila kamu menerima kenikmatan dari Tuhanmu , hendaklah kamu selalu
menyebut nyebutnya ( dengan cara bersyukur )



Sabda Rasulullah SAW :

Apabila anak adam meninggal ( mati ) maka putus segala hubungannnya dengan dunia kecuali tiga perkara yaitu : sedekah yang pahalanya mengalir terus menerus , ilmu yang dengannya orang dapat mengambil manfaatnya , dan anak2 yang shalih dan shalihah yang mendo’akannya .

Dalam usaha mengamalkan tuntunan-tuntunan tersebut diatas , sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah dikaruniakan Allah SWT khususnya kepada para pengurus yayasan ini , maka dibentuklah YFK sebagai wadahnya. Fastabiqul Khoirot yang bermakna "berlomba-lomba di dalam kebaikan", didirikan untuk membantu masayarakat ekonomi lemah terutama di bidang pendidikan formal untuk anak usia wajib sekolah.

Pengurus percaya bahwa anak-anak Indonesia akan mampu membawa kemajuan untuk bangsa didalam kebaikan, serta sekaligus mengidentifikasi dan menjauhi kejahatan jika mereka memperoleh pendidikan yang layak. Setiap hari, hal ini semakin menjadi urgensi dan penting, karena jaman yang cepat berubah yang membuat kita semakin sulit membedakan antara hitam dan putih, dengan banyaknya gradasi kelabu diantara kedua sisi.

Bagi para anggota yayasan, aktifitas yayasan ini menjadi ibadah karena ini membantu anggota yayasan untuk selalu berpikir menuju pengembangan kesalehan sosial dalam kedamaian Islam di dalam masyarakat. cakupan visi yayasan adalah menjalankan ibadah dan amanat, menjadi tangan yang di atas dalam usaha mencerdaskan anak bangsa serta memfasilitasi amal jariah (pahala yang mengalir selama masih bermanfaat) untuk para donaturnya.

YFK adalah sebuah badan hukum , terikat dan diawasi oleh peraturan perundangan yangberlaku di Indonesia. Selain mendirikan sekolah umum, YFK juga memiliki beberapa aktifitas non politik dan non profit lain diluar pendidikan formal seperti pembangunan dan pembinaan tempat ibadah , pesantren , madrasah, koperasi , kelompok tani dan lain sebagainya. Semua aktifitas yang dilakukan YFK yang berkenaan dengan pengeluaran dana dari donatur wajib dilaporkan dan dipertanggungjawabkan secara hukum.

Tidak ada komentar: